Minggu, 16 Maret 2008

Taman Dayu, keindahan alam di Kabupaten Sragen

Keindahan Panorama Desa
Sebagai salah satu obyek pariwisata unggulan di Kabupaten Sragen, kini telah dibangun kawasan wisata Kampung Dayu yang berlokasi di Desa Dayu Kecamatan Karangmalang. Dengan luas area sekitar 5 Ha dan didukung suasana pedesaan yang hijau, sejuk dan indah, kawasan ini siap dijadikan obyek wisata baru bagi masyarakat. Di tempat yang penuh potensi ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pesona keindahan kehidupan alami seperti sungai yang membelah area tersebut, pemandangan alam yang indah serta suasana pedesaan yang merupakan daya tarik tersendiri.

DAYU HOMESTAY

Taman Dayu tersaji begitu menarik. Dibangun di pinggir aliran sungai kecil dengan rindang dan dedaunan disekelilingnya, membuat kita ingin beraktivitas seperti memancing, berkeliling dengan perahu, atau bersantai dengan perahu kano.

Pemandangan alam perbukitan dan luasnya lahan yang ada sangat memadai untuk kegiatan hiking. Tak lupa, Mini Zoo yang merupakan kerjasama dengan dinas Pemkab Sragen melengkapi fasilitas yang ada.

Kampung Dayu didukung dengan fasilitas yang lengkap untuk berwisata, seperti sungai, hutan, kebun binatang mini dengan berbagai jenis hewan seperti kangguru, rusa, elang, berbagai jenis burung, berbagai jenis ikan, dan lain-lain. Disamping itu berbagai kegiatan menarik dapat dilakukan di tempat ini, seperti: memancing, berkano, boat, camping, dan lain-lain.

Sebagai Desa yang digunakan untuk uji coba MIX FARMING yaitu sistem pertanian dan peternakan untuk memaksimalkan pemanfaatan, sehingga tidak ada sampah dari pertanian atau peternakan yang terbuang.

Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai sarana bermain yang dirancang khusus untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak. Mereka dapat berenang di kolam pemandian yang airnya jernih, serta belajar mendayung perahu kayak. Ini masih ditambah tempat pendukung olahraga lainnya, serta rumah joglo yang bisa dijadikan sarana permainan anak-anak.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan wisata outbound. Dengan suasana desa yang alami dan masih segar ternyata menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati udara desa dan berpetualang. Beragam permainan yang dipersiapkan bertujuan merangsang nyali, mental, dan rasa pengunjung telah diselaraskan dengan potensi alam di daerah tersebut. Melalui potensi alam yang ada, pengelola memiliki concern untuk mendayagunakan alam sebagai wahana pendidikan mengenal lingkungan, sehingga dapat menumbuhkan jiwa keberanian dan percaya diri. Hal ini penting untuk untuk membentuk mental anak agar berani mengambil keputusan.

Tak ketinggalan, ada kebun tanaman organik berikut ruang pamer yang disediakan sebagai wadah bagi penggemar tanaman untuk berkumpul dan melakukan kegiatan, dan pengunjung supaya lebih mengenal aneka tanaman. Bahkan area peternakan, pertanian juga dibangun oleh pengelola. Para instruktur berpengalaman selalu siap memberikan informasi bagi pengunjung yang ingin belajar tentang pertanian dan peternakan. Selain itu, dipastikan kedatangan ke tempat ini tidak hanya untuk menikmati menu makan dan bersantai biasa. Sebab menu makan yang disajikan merupakan bahan pangan organik, yang tentunya tidak menggunakan bahan kimia, higenis, dan bagus untuk kesehatan. Ditambah suasana yang mengasyikan untuk bersantai dengan keteduhan pepohonan membuat pengunjung dapat berbaring di bangku taman yang sudah disiapkan, apalagi bisa menikmati air kelapa yang masih segar sambil duduk di atas rumput hijau. Suasana yang segar untuk menghapuskan kepenatan.

Bagi pengunjung yang menginginkan terapi kesehatan juga disediakan sarana beserta ahlinya. Dari psikiater, holistik, hingga tusuk jarum selalu siap melayani. Di lahan ini, pengelola juga membangun home stay untuk pengunjung. Dengan dukungan kawasan pedesaan, ketenangan suasana desa dan pegunungan, pengelola memang menginginkan menjadi wisata yang berbasis lingkungan. Kesempatan merasakan suasana dan menikmati aktivitas masyarakat desa yang ramah dan sederhana, akan memberikan kesegaran fisik, spiritual & semangat hidup, bebas dari kebisingan kota, kejenuhan rutinitas sehari-hari di kantor serta kepenatan urusan bisnis.

Patut untuk dicoba. Maka, jangat lewatkan untuk mampir ke Taman Dayu sewaktu anda mengunjungi Sragen.(www.sragenkab.go.id)

Tidak ada komentar: